Fakta Ajaib Mengenai Vitamin D

Category Tips

grosir buah onlineVitamin D, juga dikenal sebagai vitamin sinar matahari, vitamin ini bisa diproduksi di dalam tubuh dengan paparan sinar matahari ringan atau dikonsumsi dalam makanan atau suplemen yang bisa di beli dari nanasmanis.

Asupan vitamin D yang cukup penting untuk regulasi penyerapan kalsium dan fosfor, pemeliharaan tulang dan gigi sehat, dan disarankan untuk memberi efek perlindungan terhadap banyak penyakit dan kondisi seperti kanker, diabetes tipe 1 dan multiple sclerosis.

Vitamin D memiliki banyak peran dalam tubuh, membantu:

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Dukung kesehatan sistem kekebalan tubuh, otak dan sistem saraf

Mengatur kadar insulin dan membantu manajemen diabetes

Dukung fungsi paru dan kesehatan kardiovaskular

Mempengaruhi ekspresi gen yang terlibat dalam perkembangan kanker.

Terlepas dari namanya, vitamin D dianggap pro hormon dan sebenarnya bukan vitamin. Ini karena tubuh mampu menghasilkan vitamin D sendiri melalui tindakan sinar matahari pada kulit, sedangkan vitamin adalah nutrisi yang tidak dapat disintesis oleh tubuh dan harus didapat melalui makanan atau suplemen.

Diperkirakan bahwa paparan sinar matahari yang masuk akal pada kulit telanjang selama 5-10 menit 2-3 kali per minggu memungkinkan tubuh memiliki kemampuan untuk menghasilkan vitamin D yang cukup, namun vitamin D memiliki waktu paruh hanya dua minggu, yang berarti bahwa toko dapat berjalan Rendah, terutama di musim dingin. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa hingga 50% orang dewasa dan anak-anak di seluruh dunia kekurangan vitamin D. Ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan kekurangan vitamin D, yang akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Vitamin D diproduksi saat sinar matahari mengubah kolesterol pada kulit menjadi calciol (vitamin D3). Vitamin D3 kemudian diubah menjadi calcidiol (25-hydroxyvitamin D3) di hati. Ginjal kemudian mengubah calcidiol menjadi bentuk aktif vitamin D, yang disebut calcitriol (1,25-hydroxyvitamin D3). Dengan demikian, statin dan obat vimax lain atau suplemen yang menghambat sintesis kolesterol, fungsi hati atau fungsi ginjal dapat mengganggu sintesis vitamin D.

Fakta cepat tentang vitamin D

Berikut adalah beberapa poin penting tentang vitamin D. Lebih detail dan informasi pendukung ada di artikel utama.

Peran utama vitamin D adalah mendukung pengembangan dan pemeliharaan tulang dan gigi.

Seorang berkulit putih yang penuh dengan paparan sinar matahari dapat mensintesis 20.000 IU vitamin D3 dalam 20 menit.

Kekurangan vitamin D sering terjadi, terutama pada orang tua, bayi, orang dengan kulit gelap dan orang-orang yang tinggal di garis lintang yang lebih tinggi atau yang mendapat sedikit paparan sinar matahari.

Kekurangan vitamin D telah terlihat pada 80% pasien patah tulang pinggul.

800IU vitamin D per hari mengurangi risiko patah tulang sebesar 20% pada orang tua dan menurunkan risiko terjatuh.

Metabolisme vitamin D mungkin dipengaruhi oleh beberapa obat, termasuk obat barbiturat, phenobarbital, dilantin, isoniazid dan statin.

Kemungkinan manfaat kesehatan vitamin D

Bagian ini membahas potensi manfaat kesehatan vitamin D, dari membantu kesehatan tulang yang baik hingga kemungkinan pencegahan kanker.

1) Vitamin D untuk tulang sehat

Vitamin D memainkan peran penting dalam pengaturan kalsium dan pemeliharaan kadar fosfor dalam darah, dua faktor yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kita membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium di usus dan untuk merebut kembali kalsium yang jika tidak diekskresikan melalui ginjal.

Dokter memegang tulang scan x-ray

Kekurangan vitamin D pada anak-anak dapat menyebabkan rakhitis, penyakit yang ditandai dengan penampilan berkaki sangat parah yang dipicu oleh mineralisasi yang terganggu dan pelunakan tulang.

Pada orang dewasa, kekurangan vitamin D bermanifestasi sebagai osteomalacia atau osteoporosis. Osteomalacia menghasilkan kepadatan tulang yang buruk, kelemahan otot dan sering menyebabkan fraktur pseudo kecil pada tulang belakang, tulang paha dan humerus. Osteoporosis adalah penyakit tulang yang paling umum terjadi pada wanita pasca menopause dan pria lanjut usia.

2) Mengurangi risiko flu

Anak-anak yang diberi 1.200 IU vitamin D per hari selama 4 bulan selama musim dingin mengurangi risiko infeksi influenza A lebih dari 40% .2

3) Mengurangi risiko diabetes

Beberapa penelitian observasional telah menunjukkan adanya hubungan terbalik antara konsentrasi vitamin D dalam tubuh dan risiko diabetes tipe 2. Pada penderita diabetes tipe 2, tingkat vitamin D yang tidak mencukupi mungkin memiliki efek buruk pada sekresi insulin dan toleransi glukosa.3 Dalam satu penelitian tertentu, bayi yang menerima 2.000 IU / hari vitamin D memiliki risiko 88% lebih rendah terkena diabetes tipe 1 oleh Umur 32 tahun.

4) Bayi sehat

Anak-anak dengan tekanan darah normal yang diberi 2.000 IU / hari memiliki kekakuan dinding arteri yang jauh lebih rendah setelah 16 minggu dibandingkan dengan anak-anak yang hanya diberi 400 IU / hari.

 

Status vitamin D yang rendah juga dikaitkan dengan risiko dan tingkat keparahan penyakit anak atopik dan penyakit alergi yang lebih tinggi, termasuk asma, dermatitis atopik dan eksim. Vitamin D dapat meningkatkan efek antiinflamasi glukokortikoid, sehingga berpotensi bermanfaat sebagai terapi suportif untuk orang dengan defisiensi steroid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *