Pentingnya Menjaga Kesehatan Rumah dan Lingkungan Anda

Category Kesehatan

Kemajuan dalam vaksinasi dan pengobatan antibiotik telah membuat orang puas dengan kebersihan, kata pakar kesehatan masyarakat. Hal ini terutama terjadi di rumah, di mana ada kecenderungan untuk berasumsi, salah, bahwa risiko terkena infeksi lebih rendah.

Namun, ketakutan beberapa tahun belakangan ini tentang SARS (acute respiratory syndrome) , flu burung (H5N1) , keracunan makanan , serangga muntah musim dingin (norovirus) dan infeksi yang didapat di rumah sakit seperti MRSA dan C. diff telah membuat kebersihan menjadi perhatian.

Pengalaman juga menunjukkan bahwa segera setelah satu penyakit menular dikendalikan, yang lain muncul. Meski diprediksi oleh para ahli, antibiotik belum mengakhiri penyakit menular. Munculnya infeksi seperti MRSA dan C. diff disalahkan atas penggunaan dan penyalahgunaan antibiotik, baik di dalam maupun di luar rumah sakit.

Profesor Mikrobiologi Profesor Sally Bloomfield, dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, mengatakan praktik kebersihan yang baik adalah cara terbaik untuk mengatasi resistensi antibiotik. Kebiasaan kebersihan yang baik berarti lebih sedikit infeksi, lebih sedikit pasien yang membutuhkan antibiotik dan lebih sedikit penyakit.

Petugas kesehatan sekarang menyadari rumah memiliki peran penting dalam memerangi penyakit menular. Ada hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk membuat perbedaan.

“Apa yang kami lakukan di rumah sangat penting,” kata Bloomfield. “Jika kita bisa mencegah penyebaran infeksi di rumah tangga melalui kebersihan yang baik, kita bisa mencegahnya menyebar ke masyarakat luas dan masuk ke rumah sakit.

“Jika Anda pergi ke rumah sakit untuk operasi, orang yang kemungkinan besar terinfeksi dari Anda adalah diri Anda sendiri. Oleh karena itu, masuk akal untuk melindungi diri dan keluarga Anda dari keterpaparan terhadap kuman seperti MRSA di rumah sehingga Anda tidak menjadi pembawa.

“Rumah adalah tempat yang kita kontrol, di mana individu dapat membuat perbedaan dalam mengurangi penyebaran infeksi.”

Standar buruk

Penelitian telah menunjukkan dua pertiga orang Inggris tidak mengikuti kebersihan dasar, dan pria adalah pelanggar terburuk. Survei tahun 2007 oleh Dewan Kebersihan menemukan banyak orang tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet, sebelum mereka menyiapkan makanan, atau setelah batuk dan bersin. Hampir seperempat dari populasi menangani makanan setelah membelai hewan peliharaan mereka tanpa menggunakan desinfektan terlebih dahulu.

Virologist John Oxford, ketua Dewan Kebersihan dan Profesor Virologi di Barts dan The London, mengatakan bahwa orang tidak menganggap rumah sebagai sumber infeksi.

“Mereka melihat rumah itu ‘aman’, tapi sebenarnya itu tempat dimana Anda bisa terinfeksi,” katanya. “Kebanyakan orang tidak tahu betapa pentingnya tindakan mencuci tangan mereka dengan sederhana dalam mencegah penyebaran infeksi.”

Menangani penyebaran penyakit menular di rumah melibatkan pemfilteran hotspot kuman untuk menghilangkan bakteri, dimanapun dan kapan pun ada risiko penyebaran dan infeksi.

“Bukan berarti Anda harus mensterilkan seluruh rumah,” kata Bloomfield. Telah disarankan bahwa pembersihan yang terlalu bersemangat mungkin telah menyebabkan munculnya alergi dalam beberapa tahun terakhir.

Bloomfield mengatakan bahwa meskipun penelitian menunjukkan paparan terhadap mikroba pada anak usia dini membangun sistem kekebalan tubuh yang seimbang, tidak ada bukti bahwa kita perlu menderita infeksi atau mengekspos diri kita pada kuman berbahaya.

Tidak ada hubungan yang terbukti antara tindakan kebersihan seperti mencuci tangan dan kebersihan makanan dan peningkatan alergi. “Gagasan bahwa kotoran itu ‘baik’ dan higienis entah bagaimana ‘tidak alami’ telah dipopulerkan di media,” kata Bloomfield. “Gagasan ini memiliki dampak negatif pada persepsi masyarakat terhadap risiko penyakit menular di rumah dan pentingnya menggunakan tindakan kebersihan untuk mengendalikan risiko tersebut.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *